Pages

Senin, 24 Desember 2012

Paradoks kembar

Paradoks kembar merupakan salah satu paradoks yang paling terkenal di dunia, khsusnya bagi yang suka mengikuti perkembangan fisiska. Paradoks ini muncul dari kasus dua orang yang kembar dimana salah satunya melakukan perjalanan ruang angkasa dan setelah pulang mendapati saudaranya yang tetap di bumi lebih tua.

Paradoks kembar menggambarkan dua orang yang sama persis atau kembar, kemudia salah satu dari mereka memutuskan  untuk melakukan perjalanana ruang angkasa dengan pesawat yang memiliki kecepatan menghampiri kecepatan cahaya. kemudian setelah beberapa tahun saudara yang melakukan perjalanan ruang angkasa kembali kebumi dan mendapati saudaranya yang tinggal di bumi lebih tua dari dirinya.

Dalam teori relativitas sebuah benda yang mengalami percepatan dan perlambatan yang melaju dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya akan merasakan waktu yang lebih lama dari pada yang tidak mengalami percepatan atau perlambatan.

kembali ke malasah orang kembar tadi, menurut mereka berdua yang bergerak adalah saudara mereka, misalnya yang menaiki roket tadi menganggap bahwa yang bergerak adalah sudaranya yang tinggal dibumi, begitu juga sebaliknya. tetapi pada kenyataannya saudara yang menaiki pesawat ruang angkasa lah yang bergerak dan yang mengalami percepatan dan perlambatan, ini terjadi ketika dia berangkat maka acuannya dia mengarah keatas, dan pada saat kembali pesawat tersebut acuannya ke bawah, sehingga sesuatu yang mengalami perubahan acuan pasti mengalami perlambatan dan percepatan. kesimpuannya saudara yang menaiki pesawat ruang angkasalah yang merasakan waktu berjalan lebih lambat, sehingga semua oragan tubuhnya juga akan bekerja lebih lambat, sehingga penuaanya pun akan lebih lambat. oleh karena itu saudara yang lebih tua adalah saudara yang tinggal dibumi

1 komentar:

  1. gak ada rumusnya tha .....? gimana cara menghitungnya ? tolong segera di balas ya ..... makasih!

    BalasHapus