Pages

Selasa, 11 Juni 2013

Pembuktian Kuadrat Bilangan Ganjil adalah Ganjil serta Kuadrat Bilangan Genap adalah Genap

Bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis apabila dibagi dengan angka 2, sebaliknya angka genap merupakan kelipatan angka dua, maka semua angka genap habis dibagi dua.

  • Jika N adalah bilangan ganjil maka N2 adalah bilangan ganjil
Bukti :

Bilangan ganjil adalah bilangan yang dapat di represenrasikan sebagai berikut : misal N adalah bilangan ganjil maka N = 2k + 1 dimana k adalah bilangan bulat sembarang. Kemudian apa bila N kita kuadratkan maka akan mendapatkan N= (2k+1)2  = 4k2 + 4k +1 = 2(2k2  + 2k) + 1, misalkan (2k2  +2k) = m dimana m adalah bilangan bulat sembarang dikarenakan k merupakan bilangan bulat sehingga N2 = 2m+1, sehingga dapat dilihat bahwa Nadalah  bilangan ganjil, maka pernyataan terbukti benar

  • Jika N adalah bilangan genap maka N2 adalah bilangan genap
Bukti : 

Bilangan genap merupakan bilangan kelipatan dua sehingga dapat dinyatakan sebagai berikut N = 2k dimana k adalah bilangan bulat sembarang. Kemudian apabila N kita kuadratkan maka akan memperoleh hasil sebagai berikut : N2 = (2k)2 = 4k2 =2(2k2), misalkan (2k2) = m dimana m adalah bilangan bulat sembarang dikarenakan k bilangan bulat sembarang sehingga N2 = 2m yang merupakan kelipatan dua atau selalu habis dibagi dua, dengan kata lain N2 adalah bilangan genap sehingga pernyataan terbukti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar