Pages

Rabu, 12 Desember 2012

Gelombang Elektromaknetik

Gelombang elektromaknetik adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya, sehingga gelombang elektromaknetik dapat di masukan kedalam kelompok gelombang logitudinal. salah satu contoh gelombang elektromaknetik adalah cahaya, cahaya yang di pancarkan matahari sebenarnya adalah gabungan dari beberapa gelombang elektromaknetik yang memiliki frekuensi berbeda-beda.

Dalam perambatannya gelombang elektromaknetik tidak memerlukan medium untuk merambat sehingga dapat merambat di ruang hampa sekalipun seperti ruang angkasa. Gelombang elektromaknetik yang dapat merambat diruang hampa berbeda dari sifat gelombang kebanyakan dimana biasanya gelombang memerlukan medium untuk merambatnya.

Kecepatan merambat dari gelombang elektromaknetik diruang hampa adalah 300.000.000 meeter perdetik. kecepatan rambat gelombang elektromaknetik luar biasa kecepatanya sehingga seberkas cahaya yang berasal dari matahari untuk sampai kebumi hanya memerlukan waktu sekitar 8,3 menit. 

Gelombang elektromaknetik banyak digunakan di zaman sekarang, misalnya untuk berkomunikasi melaui telpon genggam menggunakan gelombang elektromaknetik, sehingga gelombang elektromaknetik tidak bisa dilepaskan peranannya dari kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar