Pages

Minggu, 03 Februari 2013

Planet

Planet merupakan benda langit yang tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Meskipun planet tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri , tetapi planet dapat memantulkan cahaya yang diterimanya dari bintang induknya. masing-masing planet memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam hal memancarkan cahayanya. ada planet yang sangat terang memancarkan cahayanya tetapi ada juga planet yang redup memancarkan cahayanya. 

Planet Mengalami gerak revolusi, yaitu gerakan mengelilingi matahari. setiap planet memiliki bintang induk yang dikelilinginya dengan gerak revolusi. waktu yang dibutuhan planete dalam mengelilingi matahari berbeda-beda tiap planet, tergantung juga dengan jarak antara planet dengan bintang induknya.

planet-planet ada yang memiliki atmosfer ada juga yang tidak memiliki atmosfir. planet biasanya juga memiliki gaya tarik gravitasi. semakin besar massa dari suatu planet maka semakin besar pula gaya gravitsi yang dimiliki oleh planet tersebut. 

planet-planet yang ada di tata surya ada 8, yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus. dulunya pluto merupakan planet tetapi sekarang hanya ditetapkan menjadi olanet kerdil karena memang ukurannya yang relatif kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar