Pages

Jumat, 15 Februari 2013

Benda Hitam

Benda hitam didalam fisika adalah sebuah benda yang secara teori mampu menyerap semua cahaya yang masuk kepadanya tanpa ada yang dipancarkan. tetapi dari fisika klasik, benda hitam harus dapat memancarkan seluruh panjang gelombang energi yang mungkin, karena dari sini kita dapat mengetahui energi dari benda hitam tersebut. 


Sebuah benda yang mempunyai suhu diatas 0 kelvin akan memancarkan radiasi, radiasi ini disebut radiasi thermal, karena radiasi ini bergantung kepada suhunya. Benda hitam sempurna adalah benda yang memiliki e samadengan 1, dimana e adalah konstanta emisivitas permukaan yang bernilai antara 0 sampai dengan 1. konstanta emisivitas permukaan adalah sebuah konstanta yang menunjukan ukuran seberapa besar radiasi kalor suatu benda dibandingkan dengan benda hitam. nilai dai konstanta emisivitas permukaan bergantung kepada jenis permukaan.

Dalam kehidupan nyata, sesuatu yang dianggap mendekati sebuah benda hitam adalah sebuah lubang kecil pada sebuah rongga. cahaya yang masuk kedalam rongga itu akan dipantulkan oleh dinding-dinding rongga dan energinya diserap. kemudian apabila rongga ini dipanaskan maka lubang akan memancarkan radiasi yang kontinu. Masalah radiasi inilah yang tidak bisa dipecahkan oleh fisika klasik. Max planck dapat menyelesaikan persoaal ini dengan menganggap radiasi yang dipancarkan dalam bentuk paket-paket kuanta. Berkat anggapan inilah perkembangan mekanika kuantum dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar