Pages

Rabu, 22 Mei 2013

Database terdistribusi (Distributed DBMS)

Dalam dunia data base dikenal database terdistribusi atau distributed DBMS. Maksud dari distributed DBMS berarti data base bisa tersebar dibeberapa node. Node disini bisa berarti local server yang menyimpan sebagian dari database. Kelebihan suatu distributed DBMS adalah bahwa tidak seperti centralized DBMS yang apabila diserang maka semua node atau semua yang memerlukan data base tidak bisa diakses siapa pun.
Dalam distributed DBMS data-data disebar ke beberapa node. Misalnya sebuah perusahaan yang memakai distributed DBMS maka kantor pusatnya hanya aka menyimpan database untuk kantor pusat dan kantor cabang (boleh disebut node) juga hanya menyimpan database yang dibutuhkan oleh lokal kantor cabang tersebut.
Meskipun dalam distributed DBMS database disebar dibeberapa tempat, tetapi dalam konteks logikanya tetap menjadi sebuah kesatuan database. Misalnya distributed database yang tabel-tabelnya tersebar dibeberapa node, maka jika sebuah node atau kantor cabang mencoba mengakses database dari node lainya(kantor cabang lainya) maka dapat melakukan permintaan atau request seperti pada centralized DBMS. 
Satu yang pasti harus menjadi perhatian adalah dibutuhkannya jaringan koneksi trasfer data untuk distributed DBMS. jadi satu kelemahan dari distributed DBMS adalah harus membangun infrastruktur jaringan yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar