Pages

Sabtu, 27 April 2013

An Early Warning System for Unrecognized Drug Side Effects Discovery

Berikut adalah sebuah paper yang di ambil dari www2012.wwwconference.org. Paper berikut berjudul "An Early Warning System for Unrecognized Drug Side Effects Discovery " ditulis oleh "Hao Wu, Hui Fang, and   Steven J Stanhope"  berikut adalah pembahasan dari paper tersebut.
Latar belakang
Obat memiliki manfaat dan resiko. Karena obat dapat berinteraksi dengan “off-target” (target lain), yang dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya sehingga ada keinginan untuk menemukan efek samping obat-obatan yang belum dikenali/diketahui. Keinginan Dokter dan Pasien yang sering kali ingin mengetahui berbagai kemungkinan efek samping obat agar dapat menurunkan kecelakaan serius dampak dari efek samping obat. Jika terdapat obat-obatan yang memiliki efek samping yang banyak (berbahaya), dibutuhkan waktu yang lama untuk menarik kembali obat yang sudah dipasaran oleh FDA dan berbagai Perusahaan Obat. Sehingga dibutuhkan suatu metode alternative untuk mengetahui berbagai efek samping obat yang belum diketahui agar pendeteksian efek samping obat dapat dideteksi lebih cepat.
Permasalahan Riset              
Ada dua permasalahan yang mendasari riset ini dilakukan, kedua permasalahan tersebut adalah :
  1.  Bagaimanakan cara atau metode untuk mendeteksi berbagai efek samping obat yang belum dikenali ?
  2.  Bagaimanakah cara membuat (mengumpulkan) knowladge base yang mencakup semua efek samping obat yang telah diketahuimaupun yang belum diketahui ?
Metode pemecahan masalah :
Metode penyelesaian masalah yang dilakukan adalah dengan cara mengumpulkan knowledge base baik tentang efek samping obat yang telah diketahui/dikenali maupun efek samping obat yang belum diketahui/dikenali. Caranya dalah dengan mengekstrak informasi tentang berbagai efek samping obat dari 4 situs web tentang obat-obatan yaitu : Sider, medlinplus, drug.com dan dealymed. Kemudian informasi tentang berbagai efek samping obat yang telah dikumpulkan itu diidentififikasi hubungan/kesamaan antar efek samping obat tersebut dengan rumus tertentu.
Pemecahan masalah juga menggunakan agglomerative hierarchical clustering untuk mengelompokan berbagai efek samping obat berdasarkan kesamaannya. Sehingga dari sini dapat dideteksi kemungkinan efek samping obat yang belum diketahui dengan melihat kesamaan/keeratan hubungan antar efek samping obat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar