Pages

Kamis, 08 November 2012

Kecepatan, percepatan, dan jarak


sebuah benda dikatakan bergerak jika benda tersebut sedang berpindah dari satu titik ke titik lainya terhadap titik acuan tertentu. Di dunia ini semua benda bergerak relatif terhadap benda lainnya walaupun benda tersebut diam terhadap suatu benda yang lain. 

kecepatan rata-rata suatu benda dapat dinyatakan sebagai perpindahan posisi suatu benda dibagi selang waktu perpindahan benda tersebut. sedangkan percepatan rata-rata adalah perubahan kecepatan terhadap selang waktu.

di dalam fisika klasik, terdapat beberapa rumus untuk menghitung jarak kecepatan dan percepatan. gerak benda dibagi menjadi dua, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. berikut rumus-rumusya :



dimana s adalah jarak dan t adalah waktu sedangkan v adalah kecepatan, selain gerak lurus beraturan gerakan benda yang dipelajari difisika adalah gerak lurus berubah beraturan, berikut rumus-rumusnya

 
itulah rumus-rumus pada gerak benda yang bergerak secara linier, di lain kesempatan kita akan bahas gerak benda yang merupakan variasi dari gerak linier, dan beberapa contoh soal, terima kasih


5 komentar:

  1. Tanyakan soal susah tentang percepatan benda di bidang miring disertai gaya gesek. Kumpulan soal matematika, fisika SMP SMA. Kami menyediakan bantuan soal PR atau kisi-kisi ulangan yang menurut Anda sukar dikerjakan. Anda hanya perlu mendaftar, membeli saldo, mengirim soal lalu menerima penyelesaian secara lengkap singkat cepat. Mari mencoba bantuan soal matematika fisika.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mohon bantuan nya bang
    Gimana ngerjain soal ini
    Buah kelapa jatu bebas dengan kecepatan tetap 9,8 m/s kuadrat selama 10 detik,brpa jarak yg d tempuh buah trsebut.?

    BalasHapus
  4. Mohon bantuan nya bang
    Gimana ngerjain soal ini
    Buah kelapa jatu bebas dengan kecepatan tetap 9,8 m/s kuadrat selama 10 detik,brpa jarak yg d tempuh buah trsebut.?

    BalasHapus