Pages

Sabtu, 24 November 2012

Jenis Tumbukan

Jika kita sedang membahas momentum, seringkali kita juga akan membahas tentang tumbukan. sebuah sistem partikel yang mengalami tumbukan akan berutukar momentum antar benda dan juga akan terjadi erpindahan energi antar partikel.

Ada satu konsep tentang perubahan momentum yang biasanya disebut sebagai implus. Dalam teorema implus dan  momentum jika impuls yang diberikan kepada suatu pada saat berinteraksi (baik tumbukan ataupun ledakan) adalah sama dengan perubahan momentum benda itu, yaitu momentum awal dikurangi momentum akhir.

Tiga jenis Tumbukan dalam momentum :

1. Tumbukan lenting sempurna 
Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan energi dan juga hukum kekekalan momentum. Sehingga pada tumbukan ini koefisien restitusinya sama dengan 1.

2. Tumbukan lenting sebagian 
Pada tumbukan lenting sebagian yang berlaku hanya hukum kekekalan momentum pada sistem sedangkan hukum kekekalan energi pada sistem tidak kekal, sehingga energi yang hilang berubah menjadi energi panas kepada lingkungan. Pada tumbukan lenting sebagian koefisien restitusi berada diantara 0 sampai 1 tetapi bukan nol dan bukan satu.

3. Tumbukan tak lenting sama sekali 
Pada tumbukan tak lenting sama sekali sama seperti tumbukan lenting sebagian yang berlaku hanya kekekalan momentum. kedua benda yang bertumbukan akan bersatu dan akan memiliki kecepatan yang sama.koefisien restitusi sama dengan 0. 

rumus koefisien restitusi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar